MADYA HARI INI

Ini Terobosan Menteri Marwan Atasi Kemiskinan
JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi membuat terobosan entaskan kemiskinan masyarakat desa dengan program Peningkatan Kesejahteraan Keluarga melalui Pemberdayaan Masyarakat (PKKPM).
Setiap kecamatan akan mendapatkan bantuan Rp3 Miliar yang penyebarannya tidak kurang dari 183 kecamatan di 114 kabupaten seluruh Indonesia.
"Pengentasan kemiskinan saat ini memasuki periode krusial karena penduduk miskin banyak berada di desa-desa tertinggal, wilayah terpencil yang sulit terjangkau, wilayah perbatasan, wilayah pedalaman. Untuk itu, dilakukan terobosan Pemberdayaan Masyarakat (PKKPM) sebagai solusi kongkrit masalah kemiskinan di desa," ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar.
Menteri Marwan mengemukakan, program PKKPM memiliki program utama, yakni Pengembangan Usaha/Kerja Keluarga (PUKK) yang dilaksanakan melalui berbagai kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat. Kemudian, Penyediaan Infrastruktur Ekonomi (PIE) untuk pengadaan infrastruktur penunjang kegiatan ekonomi.
"Ujicoba penuh atau full treatment itu artinya lokasi tersebut mendapat dana BLM untuk kegiatan PUKK dan PIE masing-masing kecamatan mendapatkan dana Rp1,5 miliar untuk kegiatan PUKK dan Rp1,5 miliar untuk PIE," ujar Menteri Desa.
Menteri Marwan menjelaskan, pada tahun ini program PKKPM telah dilaksanakan di berbagai pelosok tanah air, meliputi tidak kurang dari 183 kecamatan di 114 kabupaten pada 33 provinsi di luar DKI Jakarta, yang dinilai berdasarkan pada ranking Indeks Kemiskinan Wilayah (IKW).
Mekanisme untuk memperoleh program PUKK dan PIE, sifatnya bottom up. Kata Marwan Jafar, usulan pengajuan datang dari masyarakat yang bersangkutan.TRIBUNNEWS.COM

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »