BERKENDARA MALAM TETAP AMAN

Madya muda suka gak berkendara malam hari ? tapi tau gak kamu ada beberapa hal yang perlu madya muda perhatikan ketika akan berkendara di malam hari. Apa aja itu, ini dia :



KURANGI KECEPATAN
Sangat penting lho madya muda buat kamu yang suka berkendara malam hari untuk mengurangi kecepatan kendaraan, apalagi kamu tidak mengenali jalannya. Kenapa ? karena jarak pandang di malam hari itu lebih rendah lho dari pada pagi ataupun siang hari. Nah makanya madya muda beri jarak antar satu kendaraan dengan kendaraan lainnya lebih jauh. Karena sangat sulit untuk memperkirakan jarak pada malam hari. Kasih ruang di depan dan samping kamu untuk memungkinkan kendaraaan lain mendahului dengan aman. Kamu juga bisa memanfaatkan lampu belakang mobil / motor untuk membantu melihat arah jalan. Ketika lampu mobil itu terlihat bergerak naik turun, maka lebih berhati – hati karena kondisi jalan di depan tidak rata.

DAPAT TERLIHAT
Madya muda hal penting lain saat berkendara di malam hari yaitu ingatlah tentang baju, jaket, dan perlengkapan lain. Apa aja itu ? pertama kamu harus pertimbangkan untuk memakai rompi atau jaket yang dapat memantulkan cahaya atau bisa dengan merekatkan stiker yang dapat memantulkan cahaya di pakaian atau kendaraan kamu. Pastikan juga kendaraan kamu terlihat, dengan selalu cek lampu motor serta indikator. Karena itu sama pentingnya saat berkendara pada malam hari.

TINGKATKAN PENGLIHATAN ANDA
Nah selanjutnya dapat melihat keadaan sekitar dengan baik merupakan hal yang paling penting dalam berkendara di malam hari. Jangan memakai helm yang kacanya tergores, karena hal itu dapat membuat pandangan kamu buram kalo terkena cahaya. Gunakan juga lampu jauh untuk membantu melihat jarak jauh. Tapi ingat madya muda jangan gunakan lampu jauh saat kondisi berkabut karena cahaya akan memantul kembali ke arah kamu sehingga dapat menghalangi pandangan, serta jangan gunakan lampu jauh terlalu lama ketika ada kendaraan lawan arah, karena bisa juga mengganggu pandangan pengendara lain.

Ni madya muda tambahan 7 point penting yang juga madya muda harus perhatikan, apa aja ?

1.    Siapkan kendaraan untuk perjalanan malam. Pastikan lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein menyala normal.
2.  Pastikan lampu depan arahnya tepat agar tidak membuat silau pengendara lain dan mengurangi kemampuan melihat jalan. Jangan juga mengganti lampu kendaraan dengan tipe yang menyilaukan pengendara lain lho biarpun itu lebih terang. Meski madya muda bisa melihat sekeliling lebih jelas, tapi risiko kecelakaan lebih besar.
3.    Jika kamu ragu ada "sesuatu" di depan, nyalakan aja lampu jauh. Karena lampu jauh tidak hanya membantu melihat lebih jelas tapi juga memberi isyarat pengendara lain bahwa ada kendaraan yang kalian kendarai terlihat dari pengendara lain.
4.    Kurangi kecepatan dan tambah jarak dengan kendaraan di depan atau belakang. Karena di malam hari lebih sulit mengukur jarak antar kendaraan.
5. Jangan hunakan lampu jauh saat di belakang kendaraan lain. Karena pengemudi kendaraan d depan kamu bisa silau dari pantulan lampu di kaca spion.
6. Jika kendaraan lawan kamu lampunya menyilaukan, jangan pandang ke depan tapi pandang ke sisi kiri jalan untuk panduan arah. Ini untuk menghindari madya muda dibutakan lampu.
7.  Sering – sering untuk berhenti, makan kudapan, dan renggangkan badan. Karena kalo terlalu lelah berkendara bisa mengganggu konsentrasi lho, berhenti dan beristirahatlah.


Sumber : Tito - http://www.motorkawasaki.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »