Lima Hal tentang Rematik yang Wajib Anda Tahu












http://4.bp.blogspot.com/-ZtO4AdwMMLg/VjqIBHI_nGI/AAAAAAAAJbg/MqU7BWylAzk/s1600/5%2BHal%2BTentang%2BRematik%2BYang%2BWajib%2BAnda%2BKetahui.jpg

  Umumnya, penyakit rematik hanya terjadi pada orangtua.
 Hal tentang rematik yang wajib anda ketahui. Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian mengalami peradangan atau pembengkakan. Rematik merupakan penyakit berbahaya karena ketika telah mencapai tingkat kronis, penyakit rematik dapat membuat orang menjadi lumpuh total.
Penyebab rematik hingga saat ini belum diketahui, namun diduga dipicu oleh kombinasi berbagai faktor, termasuk kerentanan genetik, infeksi virus,  atau perubahan hormon. Wanita lebih beresiko terserang rematik dibandingkan pria, kehamilan dan menyusui akan memperburuk keadaan.
Gejala rematik bisa dirasakan si penderita ketika merasakan kaku disekitar persendian, sendi tubuh mengalami pembengkakan, rasa sakit yang berulang-ulang namun tidak diketahui penyebabnya, sendi terasa hangat dan merah, terasa sulit bergerak secara tiba-tiba dan lain sebagainya.
Ada banyak mitos tentang penyakit rematik yang beredar dimasyarakan sejak jaman dahulu. Meskipun belum diketahui akan kebenarannya, namun banyak orang yang mempercayainya. Nah berikut 5 hal tentang rematik yang wajib anda ketahui.

1. Bayam dan kangkung penyebab rematik

Banyak orang yang mengkaitkan bayam dan kankung adalah penyebab rematik. Namun yang benar adalah anda harus menghindari makanan yang banyak mengandung purin, purinlah yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit rematik. Makanan yang mengandung purin diantaranya adalah junk food dan jeroan, kedua makanan tersebut adalah pantangan bagi penderita rematik.

2. Rematik adalah penyakit keturunan

Rematik sebenarnya bukanlah penyakit keturunan, karena rematik tidak langsung diturunkan kepada anak, melainkan keluargalah yang cenderung menjadi pemicu timbulnya penyakit rematik.

3. Mandi malam penyabab rematik

Banyak orang yang mengkaitkan jika mandi malam adalah penyebab rematik. Padahal faktanya mandi malam tidak ada kaitannya dengan rematik. Namun jika anda memiliki rematik memang tidak disarankan untuk mandi malam dengan air dingin. Mandi malam dengan air dingin akan menyebabkan otot menjadi kaku dan menimbulkan nyeri.

4. Rematik hanya menyerang orang tua

Hampir semua orang beranggapan jika rematik hanya menyerang orang yang berusia lanjut saja. Namun faktanya rematik dapat menyerang siapa saja termasuk anak muda yang masih berusia belia dapat terserang penyakit rematik.

5. Rematik disebabkan oleh asam urat

Ramatik dan asam urat memang berkaitkan, namun bukanlah asam urat yang menjadi penyebab rematik. Hanya 10% asam urat berlebih yang dapat menjadi penyebab rematik. Asam urat akan membentuk rematik jika asam urat berkumpul disendi.
Demikianlah 5 hal tentang rematik yang wajib anda ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. Informasi ini dikutib dari VIVA.COM

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »