Masih Suka Begadang?

Masih Suka Begadang?

Hey Madya Muda, apa kabar buat kamu? Ya, semoga kabar kalian baik baik ajah ya. O iya.... udah gak kerasa kita udah hampir dipenghujung tahun lhoh. Tentunya kita mesti melihat balik kebelakang, sudah hampir setahun, apa aja yang udah Madya Muda lakukan.

Kalo kita ngomongin tentang kebiasaan, biasanya orang beranggapan baha hal ini susah banget untuk dirubah. Bener gak? Salah satunya adalah kebiasaan buruk kita yang seneng banget begadang. Nah tentunya, buat Madya Muda kudu pinter pinternya melihat, apa sih dampak buruk dari begadang, dan apa keuntungan kalo kita begadang.

Malam seharusnya menjadi waktu untuk tubuh MadyaMuda beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas, seperti bekerja, belajar, ngampus, ngetrip,maupun aktivitas lainnya. Tidur malam idealnya harus dilakukan selama 8 jam, hal itu tujuannya biar sistem kerja tubuh dapat berjalan maksimal pada keesokan harinya.
https://i.ytimg.com/vi/7IoNqEW6TsU/hqdefault.jpg
Kenapa? karena hormon pertumbuhan manusia dan hormon kortek adrenal yang sangat penting untuk menunjang sistem metabolisme tubuh serta perkembangan fungsi otot dihasilkan pada malam hari. Kalo Madya Mudya sering begadang sampai larut malam, ini berarti akan mengganggu tubuh kamu untuk menghasilkan kedua hormon tersebut,  yang nantinya akan berdampak serius bagi kondisi kesehatan kamu.
Emang apa aja sih yang bisa kita dapet, kalo misal kita suka begadang? Yuk cari tahu........
1. Kelelahan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh
Begadang dapat memicu tubuh dan mental menjadi lelah, hal ini dikarenakan mereka dipaksa bekerja terus menerus tanpa ada jeda waktu untuk beristirahat yang cukup. Dampak dari kelelahan itu bisa berakibat gangguan kesehatan dan daya tahan tubuh kita akan menurun. Dan hal tersebut akan membuat tubuh kita lebih rentan terhadap penyakit maupun berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu, demam, infeksi paru-paru, infeksi usus, hepatitis, dan lain sebagainya.
Kurang tidur yang terus menerus dapat mengakibatkan rusaknya sel otak sehingga dapat menimbulkan gannguan pada kepala, seperti pusing ataupun sakit kepala. Hal ini dikarenakan otak kurang mendapatkan waktu untuk istirahat.
3. Peningkatan berat badan
Kurang tidur dapat mengakibatkan terganggunya metabolisme lemak dalam tubuh. Hal ini akan membuat rasa lapar cenderung meningkat, yang akhirnya berdampak pada bertambahnya berat badan.
4. Mempengaruhi Kesuburan
Bagi wanita, begadang dapat mempengaruhi sekresi hormon dan kualitas ovum. Hal ini yang cenderung mempengaruhi siklus menstruasi. Dan bagi pria, begadang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.
5. Insomnia
Kebiasaan begadang dapat mempengaruhi jam tidur seseorang. Apabila suatu ketika ia harus atau ingin tidur lebih awal dari biasanya, ia akan kesulitan melakukannya. Hal ini dikarenakan tubuh telah beradaptasi dengan kebiasaan begadang selama ini.
6. Penyakit Jantung dan Stroke
Bahaya akibat tidur larut malam dapat menimbulkan penyakit sangat mematikan. Kurang tidur malam bisa berpengaruh pada kesehatan jantung. Waktu tidur malam yang kurang dari enam jam dapat menyebabkan peradangan pada arteri yang berakibat resiko penumpukan plak pada yang menyumbat pembuluh darah manusia menjadi meningkat. Hal ini dikarenakan meningkatkan kadar protein C-kreatif (CPR) dalam tubuh.
Selain itu kurang tidur malam juga mengakibatkan gejala apnea, dimana udara yang masuk kedalam paru-paru saat tidur melalui hidung dan mulut sangat sedikit jumlahnya.
Pola tidur berpengaruh pada kadar gula darah, hormon yang mengontrol nafsu makan, bahkan persepsi otak akan makanan berkalori tinggi. Saat tidur, kadar gula tubuh menurun, karena gula dalam tubuh banyak dipakai oleh hati pada proses detoksifikasi. Kurang tidur dapat mengurangi kemampuan sel lemak untuk merespon insulin, hormon yang mengatur metabolisme dan berperan besar pada diabetes. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Orfeu Buxton di Boston’s Brigham dan Women’s Hospital menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari lima jam pada malam hari dapat berisiko terkena diabetes tipe-2.
Begadang dapat mengakibatkan penurunan kapasitas memori dan konsentrasi, serta akan menimbulkan rasa kantuk dan kurang bersemangat pada keesokan harinya, sehingga efisiensi kerja dan belajar Anda akan lebih rendah. Dan hal itu tentu saja akan berakibat buruk bagi karir juga prestasi anda. Berikut rincian Efek dan akibat begadang yang sangat berbahaya bagi kegiatan bekerja dan belajar.
1.  Menurunkan konsentrasi
2.  Meningkatkan risiko kecelakaan kerja
3.  Menurunkan kewaspadaan
4.  Rasa kantuk parah pada saat bekerja dan belajar
5.  Penurunan daya pikir dan kreativitas

Gimana menurut Madya Muda, kamu masih mau begadang?? Ya kalo masih mau begadang silahkan aja sih, tapi kamu harus siap sama resiko yang bakal Madya Muda terima, kalo ane, sih lebih baik bobo cakep aja deh.. (Radit-http://halosehat.com/)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »