PINGIN SEHAT ? HINDARI KEBIASAAN INI !

           Madya muda tahukah kamu beberapa hal yang menjadi kebiasaan kita tapi ternyata buruk lho buat kesehatan. Tanpa kamu sadari kebiasaan tersebut mungkin terdengar sepele. Namun jika tidak segera dihentikan, dampaknya pun akan berbahaya bagi kesehatan untuk jangka panjang. Nah mau tau apa aja kebiasaan buruk itu ? Ini dia beberapa kebiasaan yang berbahaya untuk kesehatan.



BERBOHONG
Ada apa dengan berbohonh ? nah sebuah studi di University of Notre Dame menemukan bahwa berbohong demi ‘kebaikan’ ternyata lebih berbahaya ketimbang berbohong biasa. Berbohonh yang di maksud ini dapat berupa sanjungan atau pujian kepada sahabat untuk sekedar menjaga hubungan kamu dengan mereka, dan akhirnya kamu akan cenderung selalu berbohong dari waktu ke waktu.



Madya muda studi tersebut juga menunjukkan bahwa berbohong menghasilkan rasa stres yang dapat merusak kesehatan. Dampaknya bagi kesehatan bisa kamu rasakan ketika kamu berusaha menahan diri untuk tidak berbohong, justru akan merasakan sakit kepala, cemas, dan sakit tenggorokan.

MENYIKAT GIGI TERLALU SERING
Padahal kita sewaktu kecil sering lho di suruh gosok gigi, tapi madya muda sebuah studi oleh periodontist Greg Diamond dari New York, kalo sisa makanan yang menempel pada gigi setelah makan itu meninggalkan asam yang dapat melemahkan enamel. Maka kamu tidak dianjurkan untuk menyikat gigi setelah makan karena kondisi enamel yang masih lemah.


Tapi tau gak madya muda apa itu enamel ? Enamel itu lapisan luar gigi yang bisa dilihat. Enamel ini merupakan bagian paling terkuat dalam tubuh manusia, bahkan lebih kuat daripada tulang lho. Nah madya muda, kamu cukup berkumur aja dengan air setelah makan dan menyikat gigi pada pagi dan malam hari.

MINUM AIR KEMASAN
Madya muda pasti sering dong membawa air mineral dalam kemasan kemanapun ketika bepergian, memang sih air mineral dalam kemasan bagus untuk kesehatan, karena resiko bakteri jahat di dalam air telah terminimalisir. Namun tau gak kalian kalo air dalam kemasan itu tidak mengandung fluoride yang sangat penting untuk kesehatan gigi. Maka dari itu solusinya madya muda tetap harus mengkombinasikan dengan air rebusan biasa agar kandungan fluoride tetap terjaga.

MESIN ATM
Siapa sih yang gak suka sama uang ? apalagi saldo di ATM lagi banyak, tapi taukah kamu madya muda ada sebuah tes kebersihan di Inggris mengungkapkan bahwa mesin ATM ternyata memiliki tingkat bakteri yang setara dengan toilet umum, nah lho. Faktanya juga hampir semua orang setelah memakai mesin ATM tidak pernah mencuci tangan mereka. nah kebayang kan gimananya.


Oleh karena itu madya muda gunakan hand-sanitaizer setelah dari mesin ATM agar terhindar dari kuman berbahaya yang menyebabkan berbagai jenis penyakit itu.

MENGGUNAKAN GAS UNTUK MEMASAK
Madya muda menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Environmental Health Perspective, menunjukkan bahwa gas yang biasanya digunakan untuk memasak ternyata mengandung karbon monoksida, nitrogen dioksida, dan formaldehida lho.


nah tau gak kalo bahan tersebut ternyata juga terkandung dalam asap rokok sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka untuk mengurangi dampak negatif pemakaian gas, pastikan terdapat lubang ventilasi yang memadai di dapur kalian.

MAKAN TERLALU CEPAT
Nah gaya hidup modern yang super sibuk saat ini, membuat kita berpikir untuk mempercepat segalanya, termasuk saat makan pun harus cepat. Tapi faktanya hal itu tidak baik sebenernya buat kesehatan. Makan tergesa – gesa bisa mengakibatkan otak kamu tidak sempat mengirim sinyal kepada sistem percernaan.

Kamu pun akan mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Nah tau gak madya muda pada akhirnya yang bakalan terserang adalah berat badan kamu yang meningkat drastis. Mau punya berat badan over ? coba deh madya muda untuk meluangkan waktu ketika mengunyah makanan sedikit demi sedikit sambil minum air putih.

MINUM PAKAI SEDOTAN
Ketika madya muda pesan minuman seperti es teh atau es jeruk, pasti sudah menjadi hal biasa ketika menggunakan sedotan. Tapi tau gak kamu kalo minum pakai sedotan itu terdapat udara yang masuk ke dalam perut dan bisa menyebabkan perut kembung lho, mending nyeruput langsung dari gelas atau nyedot pakai sedotan hayo ?

TIDUR TENGKURAP
Siapa sih yang gak suka tidur ? apalagi pas bener – bener capek terus tidur pasti enak banget. Tapi madya muda, tau gak ada posisi tidur yang dapat membahayakan kesehatan kamu. Tengkurap memang sangat nyaman dan pasti sebagian orang sudah terbiasa melakukannya. Tapi tidur dengan posisi tersebut justru membahayakan kesehatan kamu lho.


Tidur tengkurap ternyata bisa memicu munculnya lipatan di sekitar hidung, mata, mulut dan pipi kamu lho. Dan seiring bertambahnya usia, kamu akan kehilangan banyak kolagen di lapisan kulit, sehingga lipatan – lipatan tersebut tidak bisa kembali normal dan menjadi kerutan permanen.

Nah gak mau kan madya muda di usia yang masih muda tapi udah terlihat kerut tua, makanya biasakan untuk tidur dengan posisi telentang. Kalau belum terbiasa, mulailah dengan tidur miring ke kanan atau ke kiri dan perlahan mulai mencoba posisi terlentang.

          Nah itu tadi beberapa kebiasaan sehari – hari yang ternyata berbahaya bagi kesehatan. memang sih mungkin terbilang sepele, tapi tak ada salahnya kan jika madya muda perlahan mulai mengubahnya demi kesehatan yang lebih baik, betul gak ?


Sumber : Tito - http://www.magwuzz.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »