SEMANGAT KEPAHLAWANAN ADALAH JIWA RAGAKU

MADIUN_MADYA_FM : Tanggal 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan. seperti diketahui, peringatan hari Pahlawan merupakan sebuah momentum untuk bangsa Indonesia, mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan.

Sejarah mencatat, pada Agustus 1945, Jepang yang telah menjajah Indonesia selama 3,5 Tahun, menyerah tanpa syarat kepada pasukan sekutu, setelah dua bom Hirosima dan Nagasaki. Saat itulah Indonesia memproklamasikan Kemerdekaan, pada 17 Agustus 1945. Bendera merah putih, dikibarkan diseluruh pelosok negeri.

setelah merdeka, pasukan sekutu yang dipimpin Inggris, mendarat di Jakarta dan Surabaya. Saat itu, pasukan sekutu hanya ingin membebaskan tawanan perang Jepang dan memulangkan ke negaranya. Namun dibalik itu semua, ternyata sekutu ingin mengembalikan Indonesia ke Belanda.

Bahkan Tentara Inggris juga menyebar famplet (brosur), agar Indonesia menyerah, angkat tangan, mengibarkan bendera putih, dan menyerahkan senjata senjata Jepang yang telah dilucuti. Indonesia diberi batas hingga 10 November 1945 untuk menyerah.

Namun semangat perjuangan, yang dikobarkan arek arek Surabaya, berkata lain. Melalui Siaran Radio, Bung Tomo berpidato, yang membakar semangat untuk melakukan perlawanan atas ultimatum tentara sekutu. Maka terjadilah pertempuran sengit.

Untuk mengenang kepahlawanan itulah setiap tanggal 10 November di peringati sebagai hari Pahlawan. Untukmu Pahlawanku, dengan semangat kepahlawanan kami crew Radio madya FM ikut serta memeriahkan suasana kepahlawanan pada 10 November 2015 ini.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »