Puting Beliung Terjang Madiun



Madiun - Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang wilayah Kota Madiun dan Trenggalek, Jawa Timur, Senin  7 November 2016. Angin kencang itu terjadi saat Edhie Baskoro Yudhoyono sedang kunjungan ke Trenggalek.

Di Madiun, sejumlah rumah rusak setelah dihantam angin dan tertimpa pohon yang tumbang. "Ada tiga rumah yang bagian atapnya rusak,’’ kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Suwarno.

Menurut dia, pohon tumbang juga menghambat arus lalu lintas di enam jalan seperti di wilayah Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo dan Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Taman. Fenomena alam itu juga mengakibatkan sejumlah sepeda motor di pelataran parkir pertokoan Suncity ambruk. "Juga ada satu menara radio amatir di Jalan Biliton ambruk," ujar Suwarno.

Hingga berita ini ditulis, pihak BPBD belum menerima informasi tentang adanya korban luka-luka maupun meninggal dalam peristiwa tersebut. Kejadian serupa diprediksi bakal berlangsung hingga sepekan ke depan. Hal itu, Suwarno menuturkan berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi, Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) yang diterima BPBD setempat.

Staf Humas Suncity Madiun, Doni Prasmitasari Hardono, membenarkan adanya sejumlah sepeda motor yang roboh disapu angin puting beliung. "Paling banyak yang diparkir di depan (klinik kencantikan) Naavagreen karena hujan deras dan angin sangat kencang dari arah timur ke barat," kata dia.

Akibat lain dari hujan deras disertai angin kencang, Doni melanjutkan, plafon gypsum di beberapa kios rontok. Ia belum dapat memprediksi nilai kerugian akibat kerusakan tersebut karena masih menunggu hasil penghitungan yang dilakukan petugas teknis pertokoan tersebut. (Tempo.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »