SELAMAT HARI GIZI, INDONESIAKU !

Radiomadya.com - Tahukah anda? Hari Gizi Nasional (HGN) yang diperingati setiap tanggal 25 Januari kini memasuki usia ke-57. Tema HGN tahun 2017 ini adalah “Peningkatan Konsumsi Sayur dan Buah Nusantara Menuju Masyarakat Hidup Sehat”. 

 
Tahun 1950, Bapak Gizi Indonesia almarhum Prof. Poorwo Soedarmo diangkat oleh Menteri Kesehatan pada saat itu, dr. J Leimena untuk mengepalai Lembaga Makanan Rakyat (LMR), yang waktu itu dikenal sebagai Instituut Voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan yang dikenal sebagai Lembaga Eijckman.
HGN diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada 25 Januari 1951. Sejak saat itulah pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian disepakati bahwa tanggal 25 Januari di peringati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia.
Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada pertengahan tahun 1960-an, kemudian dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 1970-an. Hingga sekarang dijadikan agenda resmi Kementerian Kesehatan RI. Di hari Gizi tahun 2017 ini semoga masyarakat sudah menerapkan pola makan bergizi, sehingga Indonesia terbebas dari gizi buruk.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »