Sajian Populer Kopi Telur

Pecinta Madya bicara soal kopi tentunya sudah menjadi kebutuhan bagi penikmat kafein. Namun beda lagi di Vietnam telah di temukan Kafe Giang di Hanoi, yang ramai dikunjungi pasalnya tiap orang yang mengunjungi kafe tersebut tidak hanya mencari kopi yang sudah maisntream aja.

Mereka datang untuk "cà phê trúng" atau kopi telur, minuman khas Hanoi di mana krim lembut, berbusa seperti busa putih telur berada di atas kopi Vietnam yang pekat. Kafe Giang mengklaim dirinya sebagai pencipta kopi telur. Terdapat dua versi kopi telur, panas dan dingin.
Permukaan minuman tersaji seperti ramuan kuning dalam gelas kecil. Minuman bisa dinikmati dengan sendok. Rasanya hampir seperti kopi rasa es krim. Lebih mirip makanan penutup daripada kopi.

Kopi telur versi panas disajikan di atas wadah kecil berisi air panas agar suhunya terjaga. Rasa kopi yang kuat di dasar cangkir merembes melalui telur atau lapisan atas berwarna kuning, teksturnya lumayan pekat dan rasanya manis.

Sang pemilik kafe, Nguyen Van Dao, begitu bangga ketika ditanya soal minuman paling terkenal di kafenya. Ia berkata, sang ayah, Nguyen Van Giang-lah yang menciptakan resep ketika bekerja sebagai bartender di Hotel Sofitel Legend Metropole pada 1946. Saat itu, negara sedang kekurangan susu segar sehingga diganti dengan kuning telur. 

"Semua pendatang dan orang Vietnam di hotel menyukainya. Dia memutuskan untuk meninggalkan hotel untuk mulai menjual kopi telur dan menciptakan merknya sendiri," kata Van Dao, Ketika ditanya soal resepnya, Van Dao mulai menyebutkan bahan sambil menghitung dengan jarinya."Telur, susu, bubuk kopi, sedikit mentega, keju..tapi aku tak bisa menceritakan semuanya," katanya sembari tertawa.


(CNN Indonesia)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »