Selamat Hari Musik Nasional !!

Radiomadya.com - Pecinta Madya, tau gak di tanggal 9 Maret ini, ternyata diperingati sebagai Hari Musik Nasional! Sejak tahun 2013 lalu Hari Musik sudah ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lho!Hari ini ditetapkan dengan  tujuan agar masyarakat Indonesia lebih mengapresiasi musik, dan juga mengingat bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang memiliki peran dalam pembangunan nasional.

Lebih lanjut, 9 Maret dipilih juga bukan tanpa alasan. Hari ini, tepat pada 114 tahun lalu, Wage Rudolf Supratman lahir di Purworejo, Jawa Tengah. Ia adalah pencipta lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'.
Namun sejak lagu itu diciptakan, WR Supratman tidak pernah sekalipun mendengarkan 'Indonesia Raya' berkumandang saat Hari Kemerdekaan. Sebab usai menciptakan lagu istimewa itu, ia diburu oleh polisi Hindia Belanda hingga jatuh sakit di Surabaya. Kemudian usai menciptakan lagu terakhirnya, 'Matahari Terbit' pada Agustus 1938, ia ditangkap di Malang. WR Supratman kemudian meninggal pada 17 Agustus 1938 karena sakit.

Untuk saat ini, apresiasi masyarakat umum terhadap musik indonesia diekspresikan dengan membanjiri Twitter demi mengucapkan selamat Hari Musik Nasional. Tidak hanya masyarakat umum, para musisi dan seniman Tanah Air pun ikut membanjiri twitter. Akibatnya Hari Musik Nasional menjadi perbincangan di Twitter. Sehingga tagar #HariMusikNasional mampu membawa perayaan ini masuk trending topic.

Yuk, kita sama-sama dukung musik nasional, musik Indonesia, demi kemajuan bersama. Tidak hanya di sosial media, tetapi dikehidupan nyata, dengan mendengarkan musik Indonesia yang tentunya dari radio nasional juga. Selamat Hari Musik Nasional !! (detik.com)




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »