Tips Menghemat Air Memperingati Hari Air Sedunia

Tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia atau World Water Day. Bukan tanpa alasan, masalah kekeringan dan kekurangan air bersih di sejumlah negara telah menjadi perhatian dunia selama ini.
Meski tak bisa secara langsung membantu mengatasi masalah kekeringan dan kekurangan air bersih ini, ada banyak hal-hal kecil dan sederhana yang sebenarnya bisa kita lakukan dan secara tidak langsung membantu mengatasi masalah ini, yaitu dengan menghemat penggunaan air di kehidupan sehari-hari.
1.   Mengurangi Siraman
Cara pertama untuk bisa melakukan penghematan air adalah dengan mengurangi siraman pada beberapa aktivitas yang memang menggunakan teknik siraman air. Beberapa aktivitas penyiraman air yang biasa dilakukan manusia adalah aktivitas mencuci kendaraan, menyiram tanaman dan halaman atau juga aktivitas penyiraman pada toilet duduk. Dalam aktivitas ini Anda tidak boleh menggunakan air secara berlebihan. Gunakan air pada teknik penyiraman ini dengan sebaik-baiknya sesuai keperluan untuk bisa membuat penghematan. Jika memang kendaraan Anda masih bersih maka Anda tak perlu membersihkan kendaraan Anda. Atau jika tanaman Anda sudah terkena air hujan, maka Anda juga tak perlu lagi menyiramnya. Inilah cara penghematan air dengan teknik pengurangan siraman yang bisa Anda lakukan.
2. Memantau Penggunaan Air
Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin menghemat air dengan baik maka untuk Anda perlu melakukan pemantauan pada penggunaan air di rumah Anda. Tanpa adanya pemantauan air maka di rumah Anda bisa terjadi air keran yang meluber di kamar mandi atau di bak penampungan. Tanpa adanya pemantauan air bersih yang seharusnya bisa dikendalikan memang bisa saja kemudian sumber daya ini menjadi terbuang dan habis. Maka dari itu untuk bisa menghemat air maka pemantauan dan pengendalian adalah harga yang tak bisa ditawar. Anda bisa melakukan pemantauan air ini dengan memasang meteran air bisa tidak terlalu boros atau pun mengidentifikasi adanya kebocoran.
3. Mematikan Keran 
Salah satu hal yang seringkali membuat sumber daya air ini banyak terbuang sia-sia adalah lupa mematikan keran air. Saat keran air terbuka dan mengelaurkan air, maka memang akan terjadi pemborosan air yang sia-sia. Air yang mengisi tempat penampungan yang sudah penuh, akan membuat air bersih terbuang sia-sia. Dari sini maka target penghematan air yang Anda target pun tak terwujud dan malah membuat Anda harus terkena tagihan perusahaan air atau listrik yang besar.
4. Memperbaiki Kebocoran
Saluran air dirumah Anda mungkin saja terhubung dengan pipa pipa penyaluran. Nah pada saluran-saluran pipa ini bisa saja terjadi kebocoran yang tidak Anda sangka-sangka. Maka dari itu untuk melakukan penghematan air Anda perlu melakukan pengecekan pada saluran-saluran air tersebut. Apabila Anda menemukan kebocoran pada saluran pipa air tersebut Anda harus segera bergegas untk memperbaikinya. Dengan segera memperbaiki kebocoran saluran pipa air ini maka penghematan bisa Anda wujudkan dengan baik.
5. Waktu Mandi
Mandi memang merupakan momen yang menyenangkan bagi sebagian orang. Maka saat waktu mandi tiba tak sedikit orang yang menghabiskan waktu yang lama di kamar mandi. Namun tahukah Anda bahwa dengan terlalu lama berada di kamar mandi maka Anda akan menghabiskan banyak air. Saat air yang dihabiskan terlampau banyak dan sering terjadi seperti ini, maka target penghematan pun akan buyar dan tak terealisasi. Bagi Anda yang memang sangat sulit atau bahkan tidak bisa menghilangkan kebiasaan berlama-lama di kamar mandi, Anda bisa menerapkan solusi mandi dengan shower. Dengan shower maka penggunaan air bisa dihemat semaksimal mungkin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »