Selamat Hari Buruh

Radiomadya.com - Hari buruh adalah hari perayaan keberhasilan dan andil para pekerja dan buruh atas kemajuan ekonomi dan sosial di seluruh dunia. Hari buruh juga sering disebut sebagai May day karena selalu dirayakan pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya. Tahun ini hari buruh jatuh pada hari Senin tanggal 1 Mei 2017.
Asal usul hari buruh ini lahir berasal dari rentetan perjuangan para pekerja yang memperjuangkan hak-hak mereka saat kapitalisme tumbuh dan berkembang pesat di abad 19 lalu. Pada abad ke-19, perkembangan idustri yang sangat pesat memberikan perubahan yang sangat drastis terutama di negara Eropa Barat serta Amerika Serikat. Ketatnya disiplin serta jam kerja yang sangat intensif dan upah yang sangat minim serta kondisi kerja yang buruk melahirkan adanya perlawanan dari para pekerja. Di saat itu tututan utama dari para pekerja adalah waktu kerja yang lebih manusiawi yaitu delapan jam. Angka delapan jam ini diambil berdasarkan pembagian waktu 24 jam sehari menjadi: 8 jam kerja, 8 jam beristirahat dan 8 jam berekreasi.
Walaupun organisasi pekerja di Amerika Serikat dan Eropa Barat makin bertambah jumlahnya, masing-masing organisasi pekerja masih merayakan hari buruh di tanggal yang berbeda-beda. Contohnya provinsi Oregon di Amerika Serikat menetapkan hari pekerja pada bulan September. Tanggal 1 Mei baru diperingati sebagai hari buruh setelah terjadinya bentrok antara pihak keamanan dan pekerja yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa pada tanggal 4 Mei 1886. Di tahun-tahun berikutnya, tanggal 1 Mei kemudian diggunakan sebagai tanggal untuk memperingati peristiwa berdarah ini.
Di Indonesia sendiri, para buruh memulai aksinya di tahun 1920. Tapi sejak masa Orde Baru, hari buruh gak lagi diperingati karena sering dikaitkan sama gerakan dan paham komunis. Walaupun sempet terhenti, gerakan para buruh ini bangkit lagi, dan terus terjadi di setiap tanggal 1 Mei, setiap tahunnya.
Gerakan yang massif biasanya digelar di Jakarta, karena bersatu sama para mahasiswa, yang notabene adalah “penyampai aspirasi” dari masyarakat. Gak cuma di Jakarta, gerakan-gerakan pro buruh ini juga terus digelar di berbagai kota di Indonesia, demi memperjuangkan hak-haknya. Selamat Hari Buruh Sedunia, Bekerja = Berkarya!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »