Biar gak gampang haus saat puasa, hindari makanan ini

RadioMadya.com – Pecinta madya, Puasa di bulan ramadan mengharuskan kita menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam. Sementara rasa lapar masih bisa ditahan, rasa haus jadi musuh utama di saat berpuasa apalagi di terik siang hari, bagi yang masih beraktifitas kerja, kuliah tentunya anda tidak bisa mengurangi kegiatan wajib sehari-hari. Untuk itu, kita membutuhkan langkah menanggulangi rasa haus saat berpuasa. Ada cara agar anda tidak begitu dehidrasi saat puasa. Yaitu, dengan mempertahankan jumlah air di dalam tubuh dan mencegah tenggorokan terasa kering. Nah, dua cara itu bisa anda capai dengan mengurangi makanan-makanan di bawah ini ketika sahur.

Gorengan
Meski gorengannya enak banget, jangan terlalu banyak memakannya ketika sahur. Selain nambahin jumlah kolesterol dan numpuk lemak, minyak dari gorengan bisa bikin tenggorokan terasa kering alias seret.
Makanan/minuman yang terlalu manis
Minum manis gak dilarang, kok. Cuma, batasi jumlahnya satu gelas sedang aja, ya. Soalnya, gula (apalagi pemanis buatan) cenderung bikin tenggorokan terasa kering dan gak begitu menghilangkan rasa haus.
Kebanyakan garam
Bukan berarti kamu harus diet bebas garam loh, gaes. Cukup kurangi makanan bergaram karena kandungan natrium bikin kamu ngerasa haus. Secara ilmiah, zat natrium bakal menyerap air dari tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi.
Kafein
Minuman yang mengandung kafein tuh termasuk diuretik, alias jenis makanan/minuman yang bikin kamu sering buang air kecil. Jadi, kurang-kurangi minum kopi, teh, soda, dan minuman berenergi saat sahur, ya.
Oatmeal
Kandungan silica alami pada oatmeal (termasuk sereal pagi) ternyata akan menyerap air dan dikeluarin lewat urin. Tubuh kita emang butuh silikon alami untuk kesehatan tubuh dan pencernaan, tapi terlalu banyak bikin kamu terus-terusan pipis.
Makan terlalu pedas
Sekuat apapun pencernaan kamu terhadap makanan pedas, selalu ada kemungkinan mules. Kalo udah diare kan hampir semua dokter melarang kamu berpuasa karena harus mengisi kembali cairan yang hilang akibat sering bongkar muatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »