Bagaimana Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan Panjang

Radiomadya.com - Pecinta madya libur lebaran sudah berakhir ya,saatnya kembali ke rutunitas. Namun salah satu hal yang paling susah dilakukan bagi seorang karyawan adalah untuk mengumpulkan semangat untuk kembali bekerja setelah masa liburan panjang berakhir.
Berbeda dengan hari lain atau pekan lain setelah weekend, mulai bekerja lagi setelah liburan yang cukup panjang memang butuh effort lebih. Tapi jangan lengah. Jangan biarkan nostalgia liburan membuyarkan kerja keras yang sudah kamu pupuk selama ini di tempatmu bekerja.
Berikut beberapa langkah dan trik yang bisa pecinta madya lakukan untuk meringankan langkah dan mengumpulkan semangat menuju kantor esok hari!

Satu hari sebelum kembali bekerja, bikin rencana
Memang sulit, kami pun tahu rasanya. Tapi pasti akan sangat membantu jika satu hari sebelum kembali bekerja, kamu mencoba mengingat kembali apa yang sudah dan belum kamu lakukan sebelum liburan yang lalu. Setidaknya ini akan me-refresh ingatanmu akan tugas-tugas dan kewajiban di kantor.
Yang paling mudah dan membantu adalah membuat to-do list, mungkin di malam hari sebelum keesokannya mulai bekerja. Dengan begitu kamu bisa lebih mengontrol tugas-tugas yang tertinggal.
Cara lain mungkin dengan bangun lebih pagi di hari pertama bekerja setelah liburan. Selain bisa memicu semangat, kamu juga bisa menghindari kemacetan yang biasanya terjadi di hari pertama bekerja setelah liburan panjang.

Kembali ke rutinitas
Memulai itu memang paling sulit. Langkah pertama selalu jadi yang paling berat. Padahal setelah "tombol" itu di-switch ke "on", ternyata tidak selamanya semuanya terasa berat.
Karena itu, cobalah mengasah kembali rutinitasmu sehari-hari seperti sebelum liburan. Mulai lakukan semua kebiasaan yang memang kamu lakukan saat hari kerja. Bangun tidur, merapikan rambut, ke kamar mandi, menyalakan email kantor. Kembali ke rutinitas ini akan membantumu beradaptasi dengan cepat.

Datang lebih cepat
Seperti yang sudah disinggung di poin pertama, akan lebih mudah untukmu memulai hari kerja baru jika tiba lebih cepat dari biasanya. Selain untuk menghindari kemacetan, kamu juga akan lebih mudah bersemangat memulai hari. Bayangkan jika di hari pertama kamu sudah terlambat masuk kantor! Dijamin mood akan berantakan sepanjang hari dan performa tidak maksimal.
Kalau kamu tiba di kantor dalam kondisi yang masih sepi dan tak terlalu ramai, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk beradaptasi kembali, merapikan meja kerja dan mulai tune-in dengan tugas-tugas dan kewajiban.

Konsentrasi pribadi
Kamu tidak sendiri. Rata-rata semua karyawan merasakan mood yang berbeda saat kembali bekerja setelah liburan panjang. Hari-hari pertama itu memang akan sedikit berat untuk dilalui. Tapi bukan berarti tidak mungkin. Kuncinya ada di konsentrasi.
Berusahalah untuk tetap fokus pada pencapaian-pencapaian pribadimu. Mulailah dengan melapor pada atasan, mengerjakan semua tugas dan membalas email-email penting yang menumpuk saat liburan.

Dengarkan 106,4 Radio Madya FM
Nah yang terakhir, wajib pecinta madya lakukan. Meskir terkesan sepele, namun efek mendengarkan radio dengan lagu-lagu favorit anda, ini bisa memompa semangat kerja. Dengarkan lagu-lagu kesuakaan anda di radio kesayangan anda saat mulai bekerja. Jangan lupa gunakan headphone atau earphone ya sup[aya tidak mengganggu rekan kerja yang lain.
Jika anda berada di jangkauan jauh, misal harus ditugaskan di luar kota, layanan streaming radio madya ini siap menemani anda 12 jam. Anda tinggal online, cocok deh untuk memompa semangat anda dimanapun anda berada.

Semangat ya! Selamat bekerja kembali!

(Sumber : Berbagai Sumber)
By : Asti Madya, IG@tinikpilihani, Twitt@astibananas

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »